Jumat, 25 Maret 2011

Tips menghadapi interview




1. berdoa lah…
2. perhatikan selalu penampilan anda, gunakan pakaian yang serapi mungkin (pastikan telah disetrika dengan licin dan rapi, bahkan semut pun bisa kepeleset).
3. Pastikan ponsel anda dimatikan ( itu untuk yang punya handphone, kalo belum punya maka beli dulu)
4. Tenang dan percaya diri
5. saat akan memasuki ruangan , sebaiknya ketuk lah terlebih dahulu.
6. berdiri yang tegak dan santai. Duduklah hanya bila sudah dipersilahkan.
7. letakkan tangan diatas paha saat anda duduk.
8. tegakkan tubuh, usahakan jangan bersandar karena anda akan terkesan malas dan meremehkan.
9. fokuskan pandangan pada lawan bicara anda. Hindari memandang kesana-kemari (apalagi bila bos yang interview anda adalah seorang wanita yang kebetulan memakai kemeja dan kebetulan lagi beberapa kancing bajunya terbuka. Wih… ngarep!).
10. jangan mengupil (parah banget kalo ada yang begini)
11. pastikan napas anda segar.
12. beri jawaban sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan berbelit-belit maupun panjang lebar. Usahakan jawaban anda tepat, padat, ringkas dan akurat.
13. ikut tertawa lah bila bos anda tertawa. Ikut menangislah bila bos anda menangis. Tapi jangan ikut ke toilet bila bos anda sakit perut. He..he..he..
14. usahakan jangan sampai membuat bos anda mengulang lagi pertanyaan yang diajukannya (jadi anda harus konsentrasi dan dengarkan dengan seksama)
15. jangan memandangi jam tangan, jam dinding, jam pasir dan jenis-jenis jam lainnya saat proses interview masih berlangsung .
16. ucapkan terima kasih bila proses interview telah selesai.
Demikianlah tulisan ngawur yang saya buat, mungkin akan sedikit membantu dan banyak mengganggu. Semoga proses interview anda berjalan dengan lancar tanpa kemacetan dan tak menemui kendala apapun, pergunakan sabuk pengaman serta patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Untuk menghindari kengawuran yang berkelanjutan maka sebaiknya tulisan ini saya sudahi.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar